Bibliography

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN METODE POSTER SESSION UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA SMK MUHAMMADIYAH I RONGKOP

Yuniarti (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN METODE POSTER SESSION UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA SMK MUHAMMADIYAH I RONGKOP. YOGYAKARTA: FAI PAI 16 UMY 182

Abstract

*157 Metode Poster Session untuk Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa SMK Muhammadiyah I Rongkop, Tahun 2015. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan prestasi belajar aqidah akhlak di SMK Muhammadiyah I Rongkop. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan pembelajaran berbasis aktivitas dengan metode poster session.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subyek dalam peneitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah I Rongkop yang berfokus pada siswa kelas 10 (sepuluh) TKJ2 yang berjumlah 20 siswa.berdasarkan nilai tes akhir siklus,terjadi peningkatan dari siklus I,ke siklus II. Dalam siklus I nilai rata –rata siswa pada mata pelajaran aqidah 67,5, dan mata pelajaran akhlak 66,5. Pada siklus II nilai rata –rata siswa pada mata pelajaran aqidah 80,75, dan pada mata pelajaran akhlak 80. Dari segi prestasi ketuntasan belajar siswa dalam satu kelas, ketuntasan belajar siswa padasiklus I lebih tinggi dari siklus II yakni pada mata pelajaran aqidah 67,5 dan akhlak 66,5 dan siklus II mata pelajaran aqidah 80,75 dan akhlak 80. Maka bisa dikatakan meningkat dan memuaskan, sehingga dari hasil siklus II ini sudah memasuki target.dengan terbatasnya waktu penelitian maka tidak perlu di lanjutkan padasiklus berikutnya. Berdasarkan hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaraan berbasis aktivitas dengan metode poster session untuk peningkatan motivasi dan prestasi belajar aqidah akhlak di SMK Muhammadiyah I Rongkop tahun pelajaran 2015. Mengenai peningkatan yang sangat baik dengan nilai rata –rata 80 dan 80,75. Dari segi prestasi ketuntasan belajar siswa dalam satu kela, ketuntasan belajar siswa pada siklus I lebih tinggi dari pada siklus II maka ini bisa dikatakan memuaskan sehingga dari hasil siklus II ini sudah memasuki target dalam penelitian, sehingga tidak perlu lagi melanjutkan ke silkus berikutnya. Berdasarkan hipotesis maka dapat disimpulkan bahwapenerapan pendekatan pembelajaran berbasisaktivitas siswa (PBAS) dengan metode poster session untuk peningkatan motivasi dan belajar padasiswa SMK Muhammadiyah I Rongkop tahun pelajaran 2015.

: Yuniarti
: Skripsi S1
: Pendidikan Agama Islam
: Dr.H.Abd.Madjid,M.Ag
: Bahasa Indonesia
:
: SKR FAI 182
: YOGYAKARTA: FAI PAI 16 UMY 182
:
: 2016
: 128 Hal
Subject / Keywords :
*157 Pendekatan, Pembelajaran Berbasis Aktivitas, motivasi belajar.
Physical Location :
  • 00151650   Perpustakaan Pusat UMY
  • 00140634   Perpustakaan Pusat UMY
  • 00140690   Perpustakaan Pusat UMY
Digital Copies :

Kategori Koleksi